Skip to main content

Apa itu Aswaja ?

Daftar Isi [ Tampil ]
Aswaja adalah

Jauh sebelum Indonesia merdeka, ideologi Aswaja sudah mengakar kuat di bumi Nusantara. Kebanyakan dari kita mungkin sudah tau apa itu Aswaja, hal ini memungkinkan bahwa kita juga lupa akan pengertian Aswaja. Sebab, konsekuensi bagi orang yang hafal atau tau adalah lupa, entah itu karena kita jarang membaca kembali sesuatu yang pernah kita pelajari bahkan malah tidak pernah sama sekali membukanya kembali. Untuk mengatasi problem tersebut, izinkan saya untuk menulis seputar pengertian Aswaja sebagai bahan ajar ataupun pembelajaran.

Pengertian Ahlussunah wal-Jama'ah (Aswaja)

Aswaja adalah golongan yang menganut syari'at Islam berdasarkan kepada Al-Qur'an dan al-Hadits. Kata Aswaja itu sendiri  merupakan singkatan dari Ahlu as-Sunnah wa al-Jama'ah, ada tiga kata yang membentuk istilah tersebut, yaitu:

1. Ahl

Kata "ahl" berarti keluarga, penduduk, golongan, atau pengikut.

2. As-Sunnah

Secara etimologi mempunyai makna al-thariqoh wa law ghaira mardhiyah yaitu jalan atau cara walaupun tidak diridhai. Secara terminologi as-Sunnah adalah suatu nama untuk cara yang diridhai dalam agama, yang telah ditempuh oleh Nabi Muhammad SAW atau selainnya dari kalangan orang yang paham tentang Islam, seperti para sahabat Nabi Muhammad SAW. Sedangkan menurut ulama ahli hadits as-Sunnah itu sama (sinonim) al-Hadits, yaitu segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat. Disamping itu, ada juga yang menyatakan bahwa al-Hadits hanya terbatas pada ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW saja. Sedangkan as-Sunnah lebih umum, yaitu mencakup ucapan, perbuatan, ketetapan, maupun sifat Nabi Muhammad SAW.

Kita juga banyak menemukan istilah as-sunnah dalam syari'at (fiqih), as-sunnah dalam syari'at (fiqih) berarti sesuatu yang dianjurkan untuk dilakukan, tetapi tidak wajib dan tidak mendapat siksa apabila ditinggalkan. Sedangkan para ulama' ushul fiqih mendefinisikan kata as-sunnah sebagai perkataan, tindakan, dan ketetapan Nabi Muhammad SAW, yang bisa dijadikan dalil dalam menentukan hukum syar'i.

3. Al-Jama'ah

Al-Jama'ah berasal dari kata jama'a yang artinya mengumpulkan sesuatu, dengan mendekatkan sebagian ke sebagian yang lain. kata al-Jama'ah juga berasal dari kata ijtima' (perkumpulan), yang merupakan lawan kata dari tafarruq (perceraian), dan juga lawan kata dari furqoh (perpecahan). al-Jama'ah adalah sekelompok manusia yang berdasarkan satu tujuan. selain itu, al-Jama'ah juga berarti sekelompok orang yang bersepakat dalam suatu masalah.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian Aswaja, semoga apa yang saya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Untuk lebih memperdalam lagi keilmuan kita akan Aswaja, baca juga:

Oldest Post