Skip to main content

Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Daftar Isi [ Tampil ]
Pemuda Generasi Penerus Bangsa

Masa depan suatu bangsa ada digenggaman generasi muda, karena generasi muda merupakan garda terdepan bagi perkembangan dan kemajuan bangsa.

Hal ini berkaitan erat mengingat para pemuda mempunyai fisik yang kuat, pengetahuan yang inovatif, serta kreativitas yang tinggi pula. Maju tidaknya suatu negara dapat dinilai dari para pemudanya. Tanpa adanya generasi muda, maka suatu bangsa akan mengalami kesulitan dalam hal kemajuan, perubahan, bahkan identitas bangsa akan memudar dengan sendirinya.

Dari uraian singkat di atas, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa bagi suatu negara sangatlah penting. Beberapa peranan yang harus dilakukan sebagai generasi penerus bangsa, yaitu:

1. Agent of Change

Peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan, memiliki arti bahwa pemuda mempunyai peranan menjadi pusat dari kemajuan suatu bangsa itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan pengadaan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik dari sebelumnya demi keadaan pada masa yang akan datang.

Hal ini lah yang mungkin menjadi dasar mengapa muncul sebuah pernyataan bahwa pemuda sebagai generasi penerus bangsa, karena memang maju tidak suatu bangsa berada digenggaman para generasi mudanya, melalui keberhasilan perubahan-perubahan positif yang dapat dilakukan. Untuk meraihnya, pastinya para pemuda akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang memaksanya untuk berhenti berjuang di tengah jalan. Namun, segala rintangan yang ada akan bisa dilalui, dengan semangat juang yang tinggi dan dilakukan secara bersama-sama serta sesuai dengan asas Bhineka Tunggal Ika. Seperti saling memotivasi dan membangkitkan semangat adanya kemajuan pada masyarakat.

Pemuda harus yakin dengan apa yang dimiliki dan dilakukan dengan baik dan benar. Ini lah kunci sukses menjadi agent of change, bagaimana bisa seorang pemuda sebagai generasi penerus bangsa, jika ia ragu-ragu dengan kemampuan yang dimilikinya.

2. Agent of Development

Selain sebagai agen perubahan, pemuda juga mempunyai peran sebagai agent of development atau agen pembangunan. Artinya, pemuda mempunyai peran dan tanggung jawab dalam melancarkan atau melaksanakan pembangunan di berbagai macam bidang, baik itu pembangunan nasional maupun pembangunan daerah.

Mengapa agen of development atau agen pembangunan menjadi peran yang panting bagi pemuda sebagai generasi penerus bangsa ? karena para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus dapat merawat serta menjaga eksistensi bangsa, dan selalu memberikan kesan positif di mata dunia.

Sebagai agen pembangunan, bukan cuma sebatas pembangunan fisik maupun non fisik baik secara nasional maupun daerah saja, akan tetapi juga menyangkut mengenai pengembangkan potensi generasi muda lainnya.

Artinya, dibutuhkan adanya upaya mengembangkan potensi dan produktifitas yang ada dalam diri generasi muda secara bersama-sama untuk tercapainya sebuah tujuan pembangunan yang baik bagi bangsa di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

3. Agent of Modernizations

Peran pemuda sebagai agent of modernization atau agen pembaharuan bangsa memiliki arti bahwa para pemuda harus mempunyai kemampuan dalam melakukan analisa perubahan zaman yang bisa memberi pengaruh besar pada suatu bangsa, sehingga tahu, mana hal yang perlu ditinggalkan dan mana yang pantas untuk diperjuangkan dan dipertahankan.

Contohnya, dengan melalui aktivitas pemuda yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, menjadikan bangsa kita tidak tertinggal dengan bangsa lainnya. Di samping itu, dengan munculnya teknologi yang semakin maju dan modern ini, memunculkan banyak pengaruh negatif bahkan budaya asing bisa masuk dengan mudahnya.  Inilah salah satu tantangan yang harus dihadapi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa dengan tetap mempertahankan identitas negara.

Baca juga : Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Ahlinya

Nah, itulah beberapa peranan pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Sebagai fondasi untuk menjalankan berbagai peranan tersebut, tentunya mereka membutuhkan pendidikan yang kuat. Karena tanpa berpendidikan, mereka akan mengalami banyak kesusahan dalam rangka menyandang berbagai peranan.

Selain itu, sebagai pemuda, harus mempunyai semangat juang yang tinggi. Dengan selalu berusaha melakukan yang terbaik dan tidak mudah menyerah apalagi putus asa. Meskipun gagal, tetaplah berjuang dan jangan mudah menyerah oleh keadaan, karena dibalik sebuah kegagalan ada kesuksesan.