Skip to main content

Faktor-Faktor Motivasi

Daftar Isi [ Tampil ]
Faktor Motivasi
Faktor-Faktor Motivasi

Faktor-faktor MotivasiAgresi umumnya diartikan sebagai sikap yang ditujukan untuk mencederai seseorang (secara fisik atau veral) atau menghancurkan harta benda.

Keyword dari pengertian ini ialah tujuan. Jika ada seseorang yang secara tak sengaja menginjak kaki Anda kemudian orang tersebut meminta maaf kepada Anda, Anda tidak bisa mencap sikapnya agresif.

Bila seorang berjalan ke arah Anda, di saat Anda duduk di kursi belajar, dan menginjak kaki Anda , pasti Anda benar-benar geram pada perlakuan agresif yang terus-terang itu. Tapi , perlakuan agresif yang disengaja juga bias sebagai suatu hal arah dari sisi menyebabkan cedera. Kekuasaan, kekayaan , dan status cuman merupakan beberapa dari maksud yang bisa di raih lewat beberapa cara agresif.

Baca juga: Pengertian Motivasi dan Teori Motivasi

Beberapa ahli psikologi membuat ketidaksamaan di antara invasi perseteruan (hostile aggression), yang hanya dilaksanakan dengan tujuan melukai seseorang , dan invasi instrumental (instrumental aggression) yang diperlihatkan untuk memperoleh ganjaran lain kecuali kesengsaraan korbannya.

Invasi instrumental meliputi perkelahian untuk bela diri, serangan pada seorang saat terjadi pencurian, perkelahian, untuk menunjukkan kekuasaan atau dominansi seseorang. Tapi ketidaksamaan di antara invasi perseteruan dan invasi instrumental tidak begitu terang.

Rujukan: Hilgard, Ernest R. 1982. "Pengantar Psikologi (Terjemah Indonesia)". (Jakarta: Erlangga), hlm 55-61