Skip to main content

Kisah lucu Abu Nawas; Berak di atas tempat tidur

Daftar Isi [ Tampil ]
Kisah lucu Abu Nawas

Abu Nawas adalah figur yang melegenda pada kepemimpinan Harun ar-Rasyid. ia seseorang yang terkenal akan pemikiran brilliannya. apalagi, sering sekali khalifah Harun ar-Rasyid memilihnya sebagai teman buat bertukar pikiran dikala lagi menghadapi situasi darurat supaya menciptakan ide yang brillian. Banyak sekali kisah lucu Abu Nawas, yang membuat kita lepas tertawa. Di antara kisah lucu Abu Nawas seperti kisah diutusnya tiga orang laki-laki untuk buang air besar di atas tempat tidurnya Abu Nawas.

Suatu hari, Abu Nawas kehadiran tiga orang laki-laki utusan khalifah. Mereka bertiga diperintah oleh khalifah Harun ar-Rasyid buat buang air besar di ranjang tidur Abu Nawas.

“Ya Abu Nawas, kami tiba kesini atas perintah khalifah untuk buang air besar di ranjang tidurmu!” kata utusan khalifah kepada Abu Nawas.

“Ha, yang benar kalian?” tanya Abu Nawas dengan nada terkejut.

“Benar wahai Abu Nawas, dan apa yang khalifah perintahkan kepada kami tidak dapat kau tolak !” tegas mereka.

“Baiklah, silahkan buang air besar di ranjang tidurku jika punya nyali !” ucap Abu Nawas.

Ketiga utusan khalifah terebut kemudian beranjak ke ranjang tempat tidur Abu Nawas dan akan buang air besar di atas ranjang tidurnya. Tetapi mendadak sebelum mereka buang air besar, Abu Nawas memohon sesuatu kepada ketiga utusan khalifah.

“Tunggu dulu, saya ingin mengingatkan kepada kalian bertiga.” kata Abu Nawas.

“Apa itu?” jawab mereka.

“Ingat ya, kalian diutus khalifah cuma buat buang air besar. Bukan untuk yang lain. Artinya, kalian tidak boleh kencing, tidak boleh buka celana, dan tidak boleh berbuat apapun kecuali hanya buang air besar. Kalau sampai keluar batas dengan perintah khalifah, kalian bertiga akan ku laporkan kepada khalifah dan akan mendapat hukuman karna telah melanggar perintah khalifah !.” Ucap Abu Nawas.

Mendengar perkataan Abu Nawas mereka kemudian menjawab, “Mana mungkin kami buang air besar tanpa membuka celana dan kencing, kami pasti membuka celana dan kami juga kencing. Bila tidak, tentu kami tidak dapat menjalankan perintah khalifah.” Protes salah satu dari mereka.

“Ya terserah, itu urusan kalian.” Tegas Abu Nawas.

Pada akhirnya mereka bertiga tidak melakukan apa yang sudah diperintahkan sang khalifah, dan yang mengejutkan lagi, ternyata sang khalifah mengutus seseorang untuk mengawasi ketiga utusan tadi apakah benar-benar menjalankan perintah sang khalifah atau tidak, yaitu Abu Ja'far.

Kemudian, utusan khalifah yang bernama Abu Ja'far tersebut pergi menghadap sang khalifah untuk melaporkan bahwa ketiga utusan tadi tidak melaksanakan perintah. Lalu, mereka bertiga di hukum oleh sang khalifah, dan yang menerima wasiat untuk menghukumnya yaitu Abu Nawas.

Akhirnya mereka bertiga pun dipukuli oleh Abu Nawas. “Buks! Buks! Buks!”.

"Aduh, aduuuuhhh". Teriak mereka kesakitan.

"Rasain kalian". Ucap Abu Nawas sambil tertawa terbahak-bahak.

Demikianlah kisah lucu Abu Nawas yang membuat kita sejenak melepaskan stres dan beban pikiran. Selain kisah tadi, banyak lagi cerita-cerita lucu yang bisa membuat pikiran segar.