Skip to main content

Macam-Macam Motivasi (Intrinsik dan Ekstrinsik)

Daftar Isi [ Tampil ]
Macam-Macam Motivasi
Macam-Macam Motivasi (Intrinsik dan Ekstrinsik) 

Macam-Macam Motivasi - Pendidikan dan pengajaran merupakan satu proses yang sadar maksud. Maksud bisa disimpulkan sebagai satu usaha untuk memberi rumusan hasil yang diinginkan pelajar sesudah melalui pengalaman belajar.

Terwujud tidaknya arah edukasi di antaranya ialah kelihatan dari prestasi belajar yang diraih pelajar. Dengan prestasi yang tinggi, para pelajar mempunyai tanda-tanda berpengetahuan yang bagus. Salah satu factor yang memengaruhi prestasi pelajar adalah motivasi.

Baca juga: Pengertian Motivasi dan Teori  Motivasi

Adanya motivasi, pelajar akan belajar lebih keras, ulet, telaten dan mempunyai fokus penuh pada proses belajar evaluasi. Dorongan motivasi dalam belajar sebagai salah satu perihal yang penting dibangkitkan dalam usaha evaluasi di sekolah.

Macam-macam Motivasi

Dalam mengulas bermacam jenis motivasi, pada artikel kali ini penulis hanya akan mengkaji 2 pemikiran saja , yaitu motivasi yang timbul dari dalam diri, yang disebutkan sebagai motivasi intrinsik dan motivasi yang berasal dari luar diri, disebutkan dengan motivasi ekstrinsik.

1. Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik ialah pola-motif yang menjadikan aktif / berfungsinya tak butuh rangsangan dari luar, sebab pada tiap diri individu telah memiliki dorongan untuk mengerjakan sesuatu.

Jika pribadi sudah meiliki motivasi intrinsik dalam dirinya sendiri, maka secara sadar akan lakukan satu aktivitas yang tidak membutuhkan motivasi dari luar dirinya.

Dalam rutinitas belajar, motivasi intrinsik benar-benar dibutuhkan, khususnya belajar sendiri. Dorongan untuk belajar mengambil sumber pada keperluan, yang berisi kewajiban menjadi orang yang terdidik & berpengetahuan. Oleh sebab itu motivasi intrinsik tampil berdasar pada kesadaran akan arah fundamental, bukan semata-mata sebatas atribut & seremonial.

2. Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik ialah kontradiksi dari motivasi intrinsik. Motivasi ini merupakan pola-motif yang aktif & berperan sebab ada perangsang yang bersumber dari luar.

Motivasi belajar disebutkan ekstrinsik jika anak didik tempatkan arah belajarnya di luar beberapa faktor keadaan belajar. Misalkan demi menggapai nilai tinggi, gelar, kehormatan, dsb.

Bukan berarti motivasi ekstrinsik bermakna motivasi yang tidak dibutuhkan & tidak bagus pada pengajaran. Motivasi ekstrinsik dibutuhkan supaya anak didik terpacu selalu belajar. Kekeliruan pemakaian bermacam motivasi ekstrinsik justru malah akan memberikan kerugian bagi anak didik.

Akibatnya, motivasi ekstrinsik tidak berperan sebagai penggerak, tapi malah membuat anak didik malas belajar. Sebab itu, pendidik seharusnya bias & pintar memakai motivasi ekstrinsik dengan tepat & betul sebagai rencana dalam mendukung proses intrinsik mendidik dikelas.

Baca juga: Faktor-faktor Motivasi

Sumber: makalahkampus15.blogspot.com