Skip to main content

Langkah atau Cara Berpikir Kritis Menurut Milton Keynes

Daftar Isi [ Tampil ]
Cara Berpikir Kritis

Langkah atau Cara Berpikir KritisPerkembangan zaman yang semakin kekinian dan modern menuntut semua orang mesti mempunyai kemampuan untuk berpikir kritis. Namun, tidak semuanya sanggup berpikir kritis. Milton Keynes (2008) mengungkapkan bagaimana cara berpikir kritis, sehingga tiap orang bias belajar atau berlatih bagaimana berpikir kritis.

Langkah atau cara berpikir kritis yang diutarakan oleh Milton Keynes sebagai berikut ini:

1. Mengenali Dorongan Informasi

Pertama, mengenali dorongan umum argument dalam informasi yang dibaca. Pada tahap ini cuma berusaha untuk menentukan dan mengetahui materi pelajaran. Cobalah untuk mengenali: point pokok dari argument claim yang dibentuk sebagai bukti yang dipakai untuk mencapai kesimpulan.

2. Analisis Materi

Saat membaca, pikirkan mengenai apakah materi itu berkaitan dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang kemungkinan menolong dalam analisa Anda:

  1. Apakah informasi rasional dalam kaitannya dengan teori dan analisis lainnya ?
  2. Di manakah gambaran yang lebih luas ?
  3. Apakah ini argument induktif atau deduktif ?
  4. Seberapa banyak materi ?
  5. Apakah materi sudah jelas atau Anda perlu mendapatkan informasi tambahan untuk membantu pemahaman Anda ?
  6. Bisakah Anda mengenali implementasi yang kemungkinan mewajibkan Anda untuk mencari bahan lain? (Kemungkinan keterangan pelengkap peristiwa bila materi asli masih kurang mendalam).
  7. Apakah argument yang dihidangkan pandangannya imbang atau penulis meremehkan beberapa topik dalam rangka untuk mengajukan argument tertentu ?

3. Menilai dan Mengaplikasikan Informasi

Pertanyaan penugasan akan kerap meminta untuk mengaplikasikan teori, konsep atau formulasi untuk keadaan. Proses mencoba untuk mengaplikasikan apa yang didalami bisa membantu untuk membentuk pemahaman mengenai subyek.

Misalnya saat mencari implementasi dari satu sisi informasi terdapat kekurangan lain yang kemungkinan tersingkap saat mengaplikasikan gagasan untuk keadaan kehidupan riil yang lingkupnya kurang. Apakah teori atau formulasi hanya sejauh ini saja dan apakah butuh untuk menarik atas teori atau konsep lain untuk menuntaskan pemahaman mengenai suatu hal ?

Itulah tadi langkah atau cara berpikir kritis yang dikemukakan oleh Milton Keynes. Sekarang Anda sudah siap untuk mempraktekannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Sumber: Zakiah, Linda dan Ika Lestari. 2019. "Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran". Bogor: Erzatama Karya Abadi, hlm 13-15.