Skip to main content

Contoh Bina' Ajwaf

Daftar Isi [ Tampil ]
Contoh Bina' Ajwaf

Ada tujuh macam bina' dalam shorof, di antaranya adalah bina' ajwaf. Secara bahasa ajwaf berarti berlubang atau berongga. Bina' ajwaf adalah bina' yang secara keseluruhan huruf asalnya berupa huruf yang shahih, kecuali 'ain fi'ilnya (berupa wawu atau ya').

Dalam ilmu shorof bina' ajwaf ada dua macam, yaitu ajwaf wawi dan ajwaf ya'i. Dikatakan ajwaf wawi sebab 'ain fi'ilnya berupa wawu, jika berupa ya' maka disebut ajwaf ya'i. Contoh bina' ajwaf adalah sebagai berikut.

Contoh bina' ajwaf dalam Q.S Asy-Syu'ara' [3] :

لَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّـفۡسَكَ اَلَّا يَكُوۡنُوۡا مُؤۡمِنِيۡنَ‏ (Boleh jadi engkau (Muhammad) akan membinasakan dirimu (dengan kesedihan), karena mereka tidak beriman).

Contoh bina' ajwaf dalam kalimat :

الحَيَاةُ فِى النِّهَايَةِ تَنْتَهِيْ بِالمَوْتِ (Hidup pada akhirnya berujung pada kematian).

Baca juga : Contoh Bina' Mitsal dalam Al-Qur'an dan Kalimat

Contoh bina' ajwaf dalam Q.S Asy-Syu'ara' [26] :

قَالَ رَبُّكُمۡ وَرَبُّ اٰبَآٮِٕكُمُ الۡاَوَّلِيۡنَ‏ (Musa berkata, "(Dia) Tuhanmu dan juga Tuhan nenek moyangmu terdahulu").

Contoh bina' ajwaf dalam kalimat :

مَنْ سَارَ عَلَى الدَّرْبِ وَصَلَ (Barang siapa berjalan pada jalannya, sampailah ia).

Baca juga : Contoh Bina' Shohih dalam Al-Qur'an

Contoh bina' ajwaf dalam Q.S Al-Baqarah [37] :

فَتَلَقّٰٓى اٰدَمُ مِنْ رَّبِّهٖ كَلِمٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ (Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya).

Baca juga : Contoh Bina' Mahmuz beserta Artinya

Itulah beberapa contoh bina' ajwaf yang terdapat dalam Al-Qur'an dan kalimat. Semoga membantu dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi kami di sini.