Skip to main content

Contoh Bina' Mahmuz Beserta Artinya

Daftar Isi [ Tampil ]
Contoh Bina' Mahmuz

Contoh Bina' Mahmuz Beserta Artinya - Bina' mahmuz adalah bina' yang terdapat huruf hamzah baik yang bertempat pada fa' fi'il, ain fi'il maupun lam fi'ilnya. Berdasarkan hal tersebut, bina' mahmuz terbagi menjadi tiga macam, yaitu :

  1. Mahmuz fa' (fa' fi'il berupa hamzah),
  2. Mahmuz ain (ain fi'il berupa hamzah),
  3. Mahmuz lam (lam fi'il berupa hamzah).

Baca juga : Pengertian Bina' dan Pembagiannya dalam Ilmu Shorof

Ada banyak sekali contoh bina' mahmuz yang dapat kita temui baik dalam Al-Qur'an, hadits dan kalimat sehari-hari. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

Contoh bina' mahmuz fa' :

وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا (Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman"). QS. Al-Baqarah : 14.

Baca juga : Contoh Bina' Ajwaf

وَلَا تَأْكُلُوْهَا إِسْرَافًا (Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatuhan). QS. An-Nisa' : 6.

أَمَرَنِي أَبِي بِقِرَاءَةِ القُرْآنِ (Bapakku menyuruhku membaca Al-Qur'an).

Baca juga : Contoh Bina' Mitsal

Contoh bina' mahmuz ain :

مَا كَلَّمَنِي مُنْذُ أَنْ لَمْ أُعْطِهِ مَا سَأَلَ (Dia tidak menyapaku sejak aku tidak memenuhi permintaannya).

سَأَلَنِي هَلْ أُحِبُّهُ فَأَجَبْتُ صَرَاحَةً : لَا (Dia bertanya : apakah saya mencintainya ?, saya jawab terus terang : tidak).

اَلۡيَوۡمَ يَٮِٕسَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡ دِيۡـنِكُمۡ فَلَا تَخۡشَوۡهُمۡ وَاخۡشَوۡنِ‌ (Pada hari ini orang-orang kafir sudah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, karena itu janganlah kalian takut kepada mereka, namun takutlah kepada-Ku). QS. Al-Maidah : 3.

Contoh bina' mahmuz lam :

مَالَكُمْ تَجْلِسُونَ هُنَا وَقَدْ بَدَأَ الدَّرْسُ (Kalian kok nongkrong di sini, padahal pelajaran sudah dimulai).

Baca juga : Contoh Bina' Shohih

قَرَأْتُ هَذَا الكِتَابَ عِدَّةَ مَرَّاتٍ (Aku telah membaca buku ini berkali-kali).

وَاُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ وَاُحۡىِ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِ اللّهِ (Dan aku menyembuhkan orang yang buta, orang yang berpenyakit kusta dan menghidupkan orang mati dengan izin Allah).

Itulah pengertian, macam, dan contoh bina' mahmuz. Selain contoh-contoh yang disebutkan di atas, masih banyak lagi yang dapat kita temui baik dalam Al-Qur'an dan kalimat. Di sini kami hanya memudahkan, semoga membantu dan terima kasih atas kunjungannya.