Skip to main content

Contoh Tanwin Tamkin dalam Al-Qur'an

Daftar Isi [ Tampil ]
Contoh Tanwin Tamkin

Tanwin merupakan satu dari beberapa yang menjadi tanda-tanda kalimah isim. Dalam ilmu Nahwu, tanwin yang menjadi tandanya kalimah isim ada 4 macam. Salah satu di antaranya adalah tanwin tamkin.

Apa yang dimaksud dengan tanwin tamkin itu ?, yang dimaksud dengan tanwin tamkin adalah tanwin yang ada pada isim-isim yang mu'rab, kecuali isim jamak muannas salim. Sebab, tanwin yang berada pada isim jamak muannas salim adalah tanwin yang berfungsi sebagai pembanding nun-nya jamak mudzakar salim, tanwin ini disebut sebagai tanwin muqabalah.

Baca juga : Pengertian Tanwin dan Pembagiannya dalam Ilmu Nahwu

Ada banyak sekali contoh tanwin tamkin, baik dalam pembicaraan sehari-hari, al-Qur'an, dan kitab/buku yang menggunakan teks Arab. Berikut ini adalah beberapa contoh tanwin tamkin dalam al-Qur'an.

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Al-Baqarah ayat 7 :

خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ - ٧

Artinya: "Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka sudah tertutup, dan mereka akan memperoleh adzab yang berat".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Al-Baqarah ayat 10 :

فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًا ‌ۚ وَّلَهُمۡ عَذَابٌ اَلِيْمٌ بِمَا كَانُوۡا يَكۡذِبُوۡنَ‏ - ١٠

Artinya: "Dalam hati mereka terdapat penyakit, kemudian Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat adzab yang pedih, sebab mereka berdusta".

Baca juga : Contoh Isim Mu'rab dalam Al-Qur'an

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S Ali Imran ayat 5 :

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ - ٥

Artinya: "Bagi Allah tidak ada suatu apapun yang tersembunyi di bumi dan di langit".

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S An-Nisa ayat 10 :

اِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ الْيَتٰمٰى ظُلْمًا اِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ نَارًا ۗ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيْرًا - ١٠

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)".

Baca juga : Contoh Tanwin Iwadl dalam Al-Qur'an dan Kalimat Sehari-hari

Contoh tanwin tamkin dalam Q.S An-Nisa ayat 14 :

وَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَيَتَعَدَّ حُدُوْدَهٗ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيْهَاۖ وَلَهٗ عَذَابٌ مُّهِيْنٌ - ١٤

Artinya: "Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batas hukum-Nya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka, dia kekal di dalamnya dan akan mendapat adzab yang menghinakan".

Itulah beberapa contoh tanwin tanmkin dalam Al-Qur'an. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.