Skip to main content

Contoh Soal Mubtada Khobar

Daftar Isi [ Tampil ]
Contoh Soal Mubtada Khobar

Bahasa Arab memiliki banyak bagian-bagian, dan masing-masing dari bagian tersebut sangat penting untuk diketahui oleh pemula, di antaranya adalah jumlah ismiyyah yang tersusun atas mubtada dan khabar. Materi ini sangat krusial sekali dipelajari dan dipahami pemula. Karena salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam belajar tata bahasa Arab adalah memahami struktur pola kalimat. Tidak dipungkiri ketika sedang mengarungi lautan ilmu nahwu kita akan dihadapkan dengan pola kalimat yang satu ini. Untuk mengetahui batas pengetahuan murid, biasanya pendidik akan memberikan soal kemudian akan dijawab oleh para pelajar, atau malah diperintah untuk membuat soal beserta jawabannya. Oleh karena itu, berikut contoh soal mubtada khobar yang kami berikan lengkap dengan jawabannya.

1. Apa itu mubtada ?

Mubtada adalah isim-isim yang di baca rafa' dan bertempat di awal kalimat, serta tidak disertai dengan amil lafdziah yang me-rofa'-kannya. Contohnya ucapan "خَالِدٌ جَالِسٌ", artinya (Khalid itu duduk).

Baca juga: Mubtada Muakhor

2. Apa artinya khobar ?

Secara bahasa khobar memiliki arti berita, kabar, atau keterangan. Dalam KBBI khabar diartikan dengan suatu laporan tentang peristiwa yang pada umumnya belum lama terjadi. Sedangkan dalam tata bahasa Arab, khabar adalah kalimah yang maknanya disandarkan kepada mubtada. Dengan kata lain, khabar merupakan isi dari apa yang hendak kita sampaikan.

3. Mubtada itu ada berapa ?

Mubtada dalam bahasa Arab dibagi menjadi dua macam, yaitu mubtada khobar dan mubtada sadda masaddal khobar. Contoh mubtada khobar adalah kalimat "فَاطِمَةُ ذَهَبَتْ إِلَى المَدْرَسَةِ", artinya (Fathimah sudah pergi ke sekolah). Adapun contoh mubtada sadda masaddal khobar seperti ucapan "هَلْ مَضْرُوْبٌ الزَّيْدُونَ", artinya (apakah seseorang yang dipukul adalah ketiga Zaid ini ?).

4. Tuliskan 3 contoh mubtada khobar !

Berikut ini adalah tiga contoh mubtada khobar yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah :

  • اَللّٰهُ يَسْتَهْزِئُ بِهِمْ وَيَمُدُّهُمْ فِيْ طُغْيَانِهِمْ يَعْمَهُوْنَ (Allah akan memperolok-olokkan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan.) QS. Al-Baqarah ayat 15.
  • الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً ((Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap). QS. Al-Baqarah ayat 22.
  • قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًا (Mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu”). QS. Al-Baqarah ayat 25.

Baca juga: Kaidah Mubtada Khobar

5. Ada berapa pembagian khobar itu ?

Khobar dalam tata bahasa Arab dibagi menjadi dua macam, yaitu :

  • Khobar mufrad, adalah khobar yang tidak berupa jumlah dan tidak pula berupa syibhul jumlah.
  • Khobar jumlah, adalah kebalikan dari khobar mufrad, yaitu berupa jumlah (ismiyyah, fi'liyyah) atau syibhul jumlah (dharaf, jer majrur).

Itulah beberapa contoh soal mubtada khobar beserta dengan jawabannya. Semoga contoh-contoh tersebut dapat menjadi referensi bagi para pemula dalam pelajaran bahasa Arab.