Skip to main content

Kitab Jurumiyah dan Terjemahannya PDF

Daftar Isi [ Tampil ]
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmah, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Terjemah Kitab Jurumiyah ini tanpa kendala yang berarti. Semoga apa yang telah kami usahakan untuk membantu pemula dalam mempelajari tata bahasa Arab terhitung sebagai amal baik kita dan mendatangkan manfaat bagi para pembaca. Aamin

Kitab Al-Ajurumiyah atau Jurumiyah adalah kitab kecil yang memuat penjelasan dasar tentang ilmu nahwu yang mempelajari bahasa Arab. Kitab Jurumiyah merupakan kitab fenomenal karya ulama ahli bahasa dari Maroko, yaitu Syaikh Abu Abdillah bin Daud As-Shanhaji yang akrab disapa Ibnu Ajurrum (w. 1324 M).

Meski kitab ini tipis adanya, namun hingga kini banyak dipelajari di kalangan pesantren tradisional di Indonesia. Hampir setiap santri yang belajar di pesantren tradisional mengawali pelajaran tata bahasa Arab menggunakan Kitab Jurumiyah karya Ibnu Ajurrum.

Selain menggunakan bahasa dan formasi redaksi yang mudah dipahami oleh pemula, Kitab Matan Jurumiyah tersebut juga disusun dengan penjelasan yang efektif, tidak bertele-tele, langsung merujuk pada fokus kajiannya.

Belum diketahui secara rinci perihal pemberian judul kitab ini, apakah Ibnu Ajurrum memberi judul dengan nama Al-Ajurumiyyah atau mungkin tidak. Dalam beberapa rujukan buku yang penulis baca, dikisahkan setelah Ibnu Ajurrum menyelesaikan kitab ini beliau resah; apakah kitab yang beliau susun tersebut nantinya dapat mendatangkan kebermanfaatan untuk orang-orang yang mempelajarinya atau tidak.

Demi menjawab keresahannya tersebut, Ibnu Ajurrum pun berazam untuk menenggelamkan karyanya di dalam air. Dengan segala kerendahan hati, ketika meletakkan karyanya ke dalam air beliau berkata dalam hati; Ya Allah, apabila tulisan yang hamba buat ini memberikan manfaat bagi orang banyak, maka jadikanlah tinta hitam yang hamba gunakan untuk menulis kitab ini tidak luntur di dalam air.

Setelah beberapa waktu berlalu, ternyata kitab tersebut masih tetap dalam kondisi semula, tinta yang dipakai Ibnu Ajurrum untuk menulis kitabnya pun juga tidak luntur.

Dalam redaksi lain yang penulis baca, setelah Ibnu Ajurrum selesai mengarang Kitab Jurumiyah, kitab itu lantas dibuang ke laut lepas. Beliau berkata; jika kitab yang aku susun ini mendatangkan manfaat, maka akan kembali.  Selang beberapa waktu, Ibnu Ajurrum kembali pulang ke kediamannya, dan kitab itu sudah ada di meja kamarnya. Wallahu a'lam

Download: Kitab Jurumiyah dan Terjemahannya PDF