Skip to main content

Bahasa Arab Kamar Tidur dan Peralatan Kamar Tidur

Daftar Isi [ Tampil ]
Mempelajari dan menghafal kosakata atau mufrodat bahasa Arab menjadi salah satu kunci sukses untuk mahir berbahasa. Karena dengan perbendaharaan kosakata yang mumpuni, seseorang akan lebih mudah dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, menguasai kosakata bahasa Arab menjadi sangat penting, terutama untuk kosakata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Termasuk kosakata sehari-hari yang penting diketahui yaitu tentang bahasa Arab kamar tidur dan berbagai peralatan yang ada di dalam kamar tidur. Sebab kamar tidur menjadi tempat yang biasa kita tinggali, dan benda-benda yang ada di dalam kamar tidur juga sering kita jumpai. Sehingga mempelajari dan menghafal bahasa Arabnya kamar tidur beserta isinya memiliki kemungkinan besar untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bahasa Arab Kamar Tidur

Dalam kamus Arab Indonesia, bahasa Arabnya kamar tidur adalah ghurfatun naum (غُرْفَةُ النَّوْمِ). Hal ini sejalan sebagaimana yang tercatat dalam kamus Al-Munawwir halaman 893. Akan tetapi, dalam kamus Al-Munawwir edisi Indonesia Arab pada halaman 382, juga ditemukan kosakata bahasa Arab yang memiliki arti kamar tidur, yaitu hujratun naum (حُجْرَةُ النَّوْمِ).

Selain itu, masih ada lagi beberapa kosakata bahasa Arab yang sama-sama menunjukkan arti kamar tidur, yaitu al-manaam (المَنَام), al-makhda’ (المَخْدَع), al-madhja’ (المَضْجَع), dan al-mahja’ (المَهْجَع). Tetapi semua kosakata tersebut jarang digunakan dalam kalimat bahasa Arab sehari-hari.

Baca juga: Bahasa Arabnya Kursi dan Contohnya dalam Kalimat Sehari-hari

Bahasa Arab Kamar Tidur Perspektif Ilmu Nahwu

Dilihat dari segi ilmu nahwu lafadz  غُرْفَةُ النَّوْمِ (kamar tidur) adalah susunan idhafah, di mana kata غُرْفَةُ sebagai mudhaf dan kata النَّوْمِ menjadi mudhaf ilaihnya. Tidak seperti kalimat mubtada’ khobar dalam bahasa Arab, susunan idhafah bukanlah sebuah kalimat sempurna, sekalipun terdiri dari dua isim (kata benda). Karena susunan idhafah difungsikan untuk menjelaskan kepemilikan atau asal dari isim yang pertama (mudhaf).

Supaya lebih jelas, mari kita studi kasus memakai contoh kalimat berikut ini:

كِتَابُ اللُّغَةِ
“Buku bahasa”

Kata كِتَابُ pada contoh di atas disebut mudhaf, sedangkan اللُّغَةِ sebagai mudhaf ilaihnya yang berfungsi untuk menjelaskan peruntukan buku yang sedang dibicarakan. Jadi, buku tersebut diperuntukkan untuk bahasa, bukan buku untuk ekonomi, ilmu sosial, sejarah, dan sebagainya.

Begitu juga dengan susunan غُرْفَةُ النَّوْمِ (kamar tidur), kata النَّوْمِ berfungsi sebagai penjelasan kata yang pertama (mudhaf). Jadi, maksud arti kamar yang sedang dibicarakan bukanlah kamar untuk bermain, kamar untuk mandi, dan sebagainya. Melainkan kamar yang difungsikan untuk keperluan tidur.

Bahasa Arab Nama-nama Benda di Kamar Tidur

Setelah kita mempelajari arti bahasa Arab kamar tidur dan penjelasannya perspektif ilmu nahwu, sekarang kita akan belajar tentang kosakata bahasa Arab tentang nama-nama benda dan peralatan yang ada di dalam kamar tidur.

Bahasa Arab Transliterasi Arti
مِلَايَة Milaayah Seprai
وِسَادَة Wisaadah Bantal
غِطَاءُ المِخَدَّة Githaul mikhaddah Sarung bantal
مِرْأَة Mir’ah Cermin
النَّامُوْسِيَّة An-naamuusiyyah Kelambu
مِشْجَب Misyjab Gantungan baju
الحَصِيْر Al-hashiir Tikar
مِخَدَّة Mikhaddah Guling
القَطِيْفَة Al-qathiifah Permadani
السَّجَادَة As-sajaadah Sajadah
سَاعَةُ مُنَبِّه Saa’atu munabbih Jam beker
الفِرَاش Al-firaasy Kasur
خِزَانَةُ مَلَابِس Khizaanatu malaabis Lemari pakaian
الدِّثَار Ad-ditsaar Selimut
اللِّبَاس Al-libaas Pakaian
السَّرِير As-sariir Ranjang
التِّلْفِزِيُّوْنَ At-tilfiziyyuun Televisi
الدُّرْج Ad-durj Laci
الـمِرْوَحَة Al-mirwahah Kipas angin
المِصْبَاح Al-mishbaah Lampu
الـمَكْتَب Al-maktab Meja tulis
الكِتَاب Al-kitaab Buku
الكُرْسِـيُّ Al-kursiyyu Kursi
تَصْوِيْرٌ جِدَارِيٌّ Tashwiirun jidaariyyun Lukisan dinding
الدُّمْيَة Ad-dumyah Boneka
خِوَانُ الزِّينَة Khiwaanuz ziinah Meja rias

Demikianlah pembahasan tentang bahasa Arab kamar tidur dan nama-nama benda yang ada di dalam kamar tidur. Kami sertakan juga sedikit penjelasannya menurut kacamata ilmu nahwu supaya lebih menunjang lagi pembelajaran bahasa Arab ini. Karena untuk bisa mahir berbahasa Arab, selain penguasaan mufrodat juga harus ditunjang dengan pemahaman ilmu nahwu yang mumpuni.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar