Skip to main content

Bahasa Arabnya Kursi, Arti Kata dan Contohnya dalam Kalimat Sehari-hari

Daftar Isi [ Tampil ]
Untuk bisa mahir berbahasa Arab memang membutuhkan keuletan dan keterampilan. Selain paham kaidah ilmu nahwu, juga harus diimbangi dengan penguasaan mufrodat atau kosakata bahasa Arab. Termasuk kosakata bahasa Arab sehari-hari yang perlu diketahui adalah seperti pintu, meja, dan jendela. Namun berhubung materi tersebut telah dibahas beberapa waktu lalu, maka pada materi mufrodat bahasa Arab kali ini kita akan belajar dan menghafal bahasa Arabnya kursi yang sama-sama menjadi komponen pokok suatu rumah.

Dalam kamus Al-Munawwir edisi Indonesia Arab pada halaman 479, mengatakan bahwa bahasa Arabnya kursi adalah al-kursiyyu (الكُرْسِـيُّ), jamaknya karoosiyyu (كَرَاسِـيُّ) atau karoosin (كَرَاسٍ). Selain al-kursiyyu (الكُرْسِـيُّ) ada kosakata bahasa Arab yang sama-sama menunjukkan arti kursi, yaitu al-maq’adu (المَقْعَدُ) dengan bentuk jamak maqoo’idu (مَقَاعِدُ), artinya; tempat duduk, kursi, bangku, sofa, atau dipan.

Baca juga: Bahasa Arabnya Pintu dan Contohnya

Berikut ini adalah kosakata bahasa Arab yang memiliki keterkaitan dengan kata kursi:

Bahasa Arab Arti
كُرْسِيُّ بِـمَسَانِدَ Kursi dengan sandaran tangan
كُرْسِيُّ بِلَاظَهْرٍ: إِسْكُمْلَةٌ Kursi dingklik
كُرْسِيُّ هَزَّازٍ Kursi goyang
كُرْسِـيُّ الـمَلِكِ : عَرْشُهُ Kursi raja (singgasana)
كُرْسِيُّ خَيْزُرَان، كُرْسِيُّ القَشِّ Kursi rotan
قَائِمَةُ الكُرْسِيّ Kaki kursi
أرِيْكَة Kursi panjang

Dilihat dari kacamata ilmu nahwu, kata الكُرْسِـيُّ (kursi) merupakan kalimah isim atau kata benda dalam bahasa Arab. Sehingga menerima tanda i’rab berupa harakat dhommah, fathah, dan kasroh. Kedudukannya sendiri dalam kalimat bisa berkedudukan menjadi mubtada’, khobar, fa’il atau na’ibul fa’il, maf’ul bih, jar majrur, dan idhafah.

Perhatikan contoh kalimat bahasa Arab tentang kursi berikut ini:

  • مَقَاعِدُ بِأَجْنَابِي فَارِغَةٌ : kursi-kursi yang di sebelahku kosong.
  • مَنْ اِشْتَرَى الكُرْسِيَّ لِلْمُعَلِّمِ؟ : Siapa yang membelikan kursi untuk guru?
  • مَا مَنَعَكُمْ أَنْ تَجلِسُوْا فِي الكُرْسِيِّ الْأَمَامِيِّ؟ : Kenapa kalian tidak duduk di kursi depan?
  • اِشْتَرَيْنَا كَرَاسِي جَدِيْدَةً فِي الْمَمْلَكَةِ الْعَرَبِيَّةِ الْسُعُوْدِيَّة : Kami membeli kursi-kursi baru di Arab Saudi.
  • عَبْدُ الله يَصْنَعُ الكُرْسِيَّ مِنَ الْحَدِيْد : Abdullah akan membuat kursi dari besi.

Demikianlah pembahasan tentang bahasa Arabnya kursi yang menjadi salah satu komponen pokok suatu rumah atau tempat tinggal. Setelah mempelajari ini, semoga perbendaharaan mufrodat bahasa Arab kita lebih kaya lagi, sehingga memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan mengartikan teks-teks berbahasa Arab.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar