Skip to main content

Bahasa Arabnya Lampu, Lampu Lalu Lintas, Lampu Senter, dan Lampu Tidur

Daftar Isi [ Tampil ]
Menghafal kosakata sehari-hari merupakan tahap awal untuk mahir berbahasa. Karena dengan mempelajari bermacam kosakata ini akan memudahkan pemula dalam menguasai bahasa asing termasuk bahasa Arab. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan melanjutkan lagi materi mufrodat bahasa Arab kita, yang mana kita akan belajar menghafal bahasa Arabnya lampu dan hal-hal yang terkait dengan kata lampu.

Bahasa Arabnya Lampu

Dalam kamus Arab Indonesia, bahasa Arabnya lampu adalah al-mishbahu (الـمِصْبَحُ) atau al-mishbaahu (المِصْبَاحُ), jamaknya mashaabiihu (مَصَابِيْحُ).

Selain kata di atas, ada juga beberapa kosakata bahasa Arab yang menunjukkan arti lampu. Menurut kamus Al-Munawir edisi Indonesia Arab pada halaman 491, bahasa Arabnya lampu selain al-mishbahu wal mishbaahu (الـمِصْبَحُ وَالمِصْبَاحُ) adalah al-siraaju (السِّرَاجُ), lambatun (لَـمْبَةٌ), dan al-faanuusu (الفَانُوْسُ) dengan bentuk jamak fawaaniisu (فَوَانِيْسُ).

Baca juga: Bahasa Arabnya Ruang Belajar

Kosakata Bahasa Arab Tentang Lampu

Berikut ini adalah beberapa kosakata bahasa Arab yang berhubungan dengan kata lampu:

Bahasa Arab Arti
مِصْبَاحُ السَّقْفِ Lampu yang menempel pada atap
سِرَاجٌ وَهَّاجٌ Lampu yang terang benderang
فَانُوْسُ السَّيَّارَةِ الخَلْفِـيِّ Lampu belakang mobil
فَانُوْسُ السَّيَّارَةِ الأَمَامِـيِّ Lampu depan mobil
لَـمْبَةُ رَادِيُوْ، صِمَامُ اللَاسِكِيّ Lampu radio
سِرَاجُ كَشَّافٍ، بَطَّارِيَةُ جَيْبٍ Lampu senter
مِصْبَاحُ التَّعْلِيْقِ ، قِنْدِيْلُالـمَعَابِدِ Lampu gantung
مِصْبَاحُ الحَائِطِ Lampu tembok atau dinding
الـمِنْوَارُ : مِصْبَاحُ الشَّارِعِ Lampu jalanan
وَابُوْرُ سِبِيرْتُو Lampu spiritus
نُوْرُ كَشَّافٍ Lampu sorot
لَـمْبَةٌ خَافِتَةٌ Lampu remang
القِنْدِيْلُ ، نَوَّاصَةٌ Lampu tidur
الـمِصْبَاحُ الزَّيْـتِـيّ Lampu minyak
الثُّرَيَّا ، النَّجَفَةُ Lampu kandil
مِصْبَاحٌ كَهْرَبِـيٌّ Lampu listrik
الـمِشْكَاةُ Lampu lentera
لَمْبَةُ تَوَهُّجٍ (لَمْبَةكَهْرُبَائِيَّة) Lampu pijar
لَمْبَةٌ بِمَاسُورَةٍ Lampu corong

Bahasa Arabnya Lampu Lalu Lintas

Bahasa Arabnya lampu lalu lintas adalah isyaratun dhauiyyatun (إِشَارَةٌ ضَوْئِيَّةٌ) atau bisa juga isyaratul muruuri (إِشَارَةُ الْمُرُوْرِ). Berikut kosakata bahasa Arab tentang lampu lalu lintas merah, kuning, dan hijau:

Bahasa Arab Arti
السِّرَاجُ الأَحْمَرُ Lampu merah
السِرَاجُ الأَخْضَرُ Lampu hijau
إشَارَةُ الْأَصْفَرِ Lampu kuning

Contoh Kalimat Bahasa Arab Tentang Lampu Lalu Lintas

Supaya lebih menunjang lagi pembelajaran kita tentang mufrodat atau kosakata bahasa Arab, perhatikan contoh kalimat bahasa Arab tentang lampu lalu lintas berikut ini:
  • بَيْنَمَـا كَانَـتِ الْحَافِلَةُ مُتَوَقَّفَهُ تَنْتَظِرُ إِشَارَةَ الْمُرُوْر : Sementara bus itu dihentikan, menunggu lampu lalu lintas.
  • أَصَرَّ السَّائِقُ عَلٰى الْمُرُوْرِ وَالْإِشَارَةُ حَمْرَاءُ فَوَقَعَ فِي الْحَادِثَةِ : Sopir itu terus menerobos, padahal lampu sedang merah, ia pun celaka.
  • إِشَارَاتُ الْمُرُوْرِ خَارِجٌ فِيْ جَمِيْعِ أَنْحَاءِ مَنْطِقَةِ الْمِتْرُوْ : Lampu lalu lintas mati di seluruh kawasan kota (metro).

Demikianlah pembahasan tentang bahasa Arabnya lampu dan kosakata terkait lampu beserta contoh kalimat bahasa Arab tentang lampu lalu lintas merah, kuning, hijau. Semoga artikel ini membantu dan memberikan kemudahan pemelajar dalam menghafal dan menguasai kosakata dalam bahasa Arab.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar