Skip to main content

Durusul Lughah Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, dan Jilid 4 PDF Lengkap

Daftar Isi [ Tampil ]
Kitab Durusul Lughah Al-Arabiyah adalah kitab karya Syaikh Dr. V. Abdurrahim yang banyak digunakan di dunia pendidikan baik formal maupun nonformal untuk pengajaran bahasa Arab bagi para pemula. Kitab ini sangat cocok sekali sebagai bahan ajar dan rujukan setiap lembaga untuk pembelajaran bahasa Arab untuk pemula bahkan masyarakat pada umumnya.

Latar Belakang Kitab Durusul Lughah

Nama lengkap kitab Durusul Lughah adalah Durusul Lughah Al-Arabiyah Lighairi An-Nathiqi Biha yang terdiri dari 4 jilid. Secara leksikal, kata al-durus (الدروس) merupakan bentuk jamak dari kata al-dars (الدرس), yang berarti pelajaran. Sedangkan kata al-arabiyah (العربيّة) artinya bahasa Arab. Adapun kata Lighairi An-Nathiqi Biha tersebut memiliki maksud untuk selain pengucap bahasa Arab.

Dengan demikian, arti kitab Durusul Lughah adalah Durusul Lughah Al-Arabiyah Lighairi An-Nathiqi Biha adalah buku pelajaran-pelajaran bahasa Arab yang diperuntukkan untuk orang-orang selain pengucap bahasa Arab atau non arab.

Latar belakang disusunnya kitab ini berawal dari kegelisahan dan kesulitan yang dialami penulis (Syaikh Abdurrahim) dalam mempelajari bahasa Arab. Serta ketidakcocokan beliau dengan metode yang digunakan para pembelajar dalam menghafalkan tabel wazan perubahan kata (konjungsi).

Berangkat dari kegelisahan dan kesulitan yang dialami itulah kemudian beliau menyusun kurikulum dan bukunya sendiri sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab bagi orang-orang non arab. Dengan harapan, semoga memudahkan dan membantu orang asing yang ingin mempelajari bahasa Arab.

Biografi Penulis Kitab Durusul Lughah

Kitab Durusul Lughah atau yang dikenal dengan sebutan Madinah Books (Buku Madinah) adalah karya dari seorang profesor bahasa Arab Universitas Islam Madinah, yaitu Syaikh Dr. V. Abdurrahim. Lahir pada tahun 1993 di kota Vaniyambadi, Tamil Nadu, India. Huruf V yang tersemat di awal nama beliau merupakan penisbatan kepada tempat lahirnya, yaitu Vaniyambadi. Penisbatan huruf awal tempat kelahiran ini sudah menjadi tradisi turun temurun di kota kecil tersebut sebagaimana penjelasan beliau ketika di acara “Shafahatun min Hayati”, (Shafahat, 2016).

Beliau adalah lulusan tahun 1957 dari Universitas of Madras jurusan bahasa Inggris. Pada tahun 1964 beliau melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Cairo Mesir dan mendapat gelar M. Phil dan Ph. D pada jurusan Arabic. Kemudian pada tahun 1969 beliau mengajar di jurusan bahasa Arab khusus bagi orang-orang non arab di Universitas Islam Madinah. Dalam pembelajarannya tersebut, beliau menyusun kurikulum dan bukunya sendiri bernama “Durusul Lughah Al-Arabiyah Lighairi An-Nathiqi Biha”, yang menjadi kitab pembelajaran bahasa Arab terkenal di dunia dengan sebutan Madinah Books (Buku Madinah), yang di negara Indonesia familiar disebut kitab Durusul Lughah.

Kelebihan Kitab Durusul Lughah

Kitab Durusul Lughah ini sangat komprehensif serta mudah diikuti bahasanya oleh para pemula pemelajar bahasa Arab. Disusun secara sistematis dengan bahasa sederhana dan disertai juga dengan gambar berbentuk karikatur yang menarik minat belajar siswa.

Dalam struktur isi kitabnya, setiap pelajaran dimulai dengan materi inti yang diikuti dengan tamrin (latihan) untuk memastikan pemahaman siswa. Kemudian di akhir pelajaran ditutup dengan memberikan kesimpulan kosa kata baru yang tidak ada pada pelajaran-pelajaran sebelumnya.

Baca juga: Kunci Jawaban Durusul Lughah Jilid 1-4 PDF

Metode Pembelajaran Kitab Durusul Lughah

Metode pembelajaran yang digunakan dalam kitab Durusul Lughah ini adalah metode takrir, yaitu mengulang pelajaran yang sudah pernah disampaikan. Pada praktiknya, pertama-tama pembelajar akan menyampaikan materi-materi dengan pengucapan bahasa Arab yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku, kemudian pelajar meniru apa yang dicontohkan oleh pembelajar.

Di dalam kitab ini sendiri, metode takrir (pengulangan) bisa dilihat pada latihan-latihan (tamrin) setelah pemaparan contoh di awal setiap pelajaran. Pengulangan ini baik secara lafadz maupun makna, kemudian dibarengi dengan evaluasi berupa pengulangan membaca dan menulis. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana daya ingat dan kemampuan para pelajar dalam mendengarkan dan memahami pelajaran sebelumnya.

Sama dengan seorang ibu yang mengajarkan anaknya yang baru belajar berbicara. Seorang ibu akan mengucapkan sesuatu yang baik, kemudian anak akan meniru apa yang diucapkan oleh ibunya.

Rujukan: Deden Dimyati, dkk. "Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kitab Durusullughah Al-‘Arabiyyah Karya Dr. V. Abdur Rahim". Rayah Al-Islam, Vol. 5 No. 2, 2021.

Download Kitab Durusul Lughah PDF

Untuk bisa mendownload kitab Durusul Lughah PDF jilid 1-4, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik link download kitab Durusul Lughah di bawah sesuai jilid yang diinginkan.
  2. Tunggu hingga 10 detik, kemudian ceklist "I'm Not A Robot".
  3. Klik here to continue.
  4. Jika muncul tab baru, silahkan close saja.
  5. Pada halaman selanjutnya, tunggu 10 detik hingga muncul kata "get link", lalu klik.
  6. Anda akan dibawa pada tab download sebenarnya.

Durusul Lughah Jilid 1

Durusul Lughah Jilid 2

Durusul Lughah Jilid 3

Durusul Lughah Jilid 4