Skip to main content

Kunci Jawaban Durusul Lughah Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, dan Jilid 4 PDF

Daftar Isi [ Tampil ]
Kitab Durusul Lughah atau yang dikenal dengan Madinah Books adalah kitab belajar bahasa Arab yang ditulis oleh Syaikh Dr. V. Abdurrahim. Kitab ini memiliki nama lengkap "Durusul Lughah Al-Arabiyyah Lighairin Nathiqina Biha", yaitu buku yang berisikan pelajaran-pelajaran bahasa Arab untuk non native arab atau selain orang arab.

Pada awalnya, kitab yang disusun oleh Syaikh Dr. V. Abdurrahim ini diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Islam Madinah dari seluruh dunia selain pengucap bahasa Arab. Seiring dengan perkembangan zaman, kitab Durusul Lughah Al-Arabiyah kini banyak digunakan di dunia pengajaran bahasa Arab bagi para pemula termasuk Indonesia.

Dalam struktur isi kitabnya, setiap pelajaran diawali dengan materi inti dan dibarengi latihan-latihan (tamrin) sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa atau peserta didik, kemudian di akhir pelajaran ditutup dengan menyajikan beberapa kosa kata baru yang tidak ada pada bab atau pelajaran sebelumnya.

Selain disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang sederhana, kitab tersebut juga disertai dengan gambar berbentuk karikatur yang menarik minat belajar siswa sekaligus memudahkannya dalam mempelajari materi ajar.

Tidak heran jika kitab Durusul Lughah karya Syaikh Abdurrahim ini banyak digunakan sebagai bahan ajar dan rujukan setiap lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. Banyak juga para linguis arab di seluruh dunia yang menerjemahkan sebagai buku panduan atau kunci jawaban Durusul Lughah supaya memudahkan pemula dalam mempelajari bahasa Arab.

Oleh karena itu, di sini penulis bermaksud membagikan Kunci Jawaban Durusul Lughah terjemahan Ummu Abdillah al-Buthoniyah dari buku Key to Durus al-Lughat-al-Arabiyyah Li Ghairi Natiqina Biha yang dipersembahkan kepada orang-orang yang mempunyai minat dan tekad yang kuat untuk mempelajari bahasa Arab.

Sesuai dengan sumber aslinya, buku panduan Durusul Lughah ini terdiri dari 4 jilid yang berisi penjelasan kaidah-kaidah bahasa Arab yang digunakan pada bacaan dan latihan pada setiap bab pelajaran buku Durusul Lughah, sebagaimana catatan maktabah penerjemah dalam buku panduan Durusul Lughah Jilid 1 berikut ini.

Catatan Maktabah

بسم اللّه الرّمن الرّحيم

Segala Puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikut mereka hingga hari kiamat. Amma ba’du.

Alhamdulillah, atas kemudahan dari Allah, Maktabah Raudhah al-Muhibbin dapat mempersembahkan kepada pembaca yang budiman - yang mempunyai minat yang tinggi untuk mempelajari Bahasa Arab untuk memahami kitabullah, terjemahan dari panduan Durusul Lughah al-Arabiyyah jilid 1. 

Buku Panduan ini merupakan bahan penyerta dari buku Durus al-Lughat-al-Arabiyyah Li Ghairi Natiqina Biha jilid 1, yang berisi penjelasan kaidah-kaidah Bahasa Arab yang digunakan pada bacaan dan latihan pada setiap Bab Pelajaran. Buku Durus Lughah beserta panduannya ini dapat anda gunakan untuk belajar Bahasa Arab secara individu, meskipun tentu saja belajar dengan seorang guru akan jauh lebih baik.

Agar penggunaan buku Durusul Lughah lebih efektif, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Membaca terlebih dahulu percakapan atau bahan bacaan pada setiap bab pelajaran.
  2. Mempelajari kaidah-kaidah yang digunakan dengan merujuk kepada Panduan, kemudian menganalisa pola penggunaan tata bahasa (gramatical analysis) dalam bacaan berdasarkan kaidah yang telah dipelajari. 
  3. Mengerjakan setiap latihan. Disarankan untuk memiliki kunci jawaban untuk mengecek pemahaman terhadap setiap pembahasan, yang dapat diketahui dengan melihat jumlah dan jenis kesalahan yang dilakukan dalam setiap latihan.

Jazakumullah khairan kepada berbagai pihak yang telah membantu terealisasinya buku Panduan ini. Semoga Allah menjadikannya, bagi kami dan antum, sebagai tabungan di akhirat kelak.